0853 2001 2201 – 0812 2016 6708

Pembatasan Luas Lantai Mempersulit Masyarakat

OLEH : WAWAN DARMAWAN

MANTAN Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Yusuf Asy’ari menilai, pembatasan luas lantai untuk rumah bagi masyarkat berpenghasilan rendah (MBR) tidak tepat. Aturan luas lantai 36 meter persegi ini hanya akan mempersulit masyarakat memperoleh rumah layak huni.

“Saya merasa penetapan luas lantai per orang yang ditetapkan kurang tepat karena akan mempersulit kaum duafa memiliki rumah layak huni,” ujarnya dalam sidang uji materi Undang-undang No 1 Tahun 2011 pasal 22 ayat 3 tentang Perumahan dan Kawasan permukiman, yang diajukan Asosiasi Pengembang Perumahan dan permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), di Jakarta, Selasa (17/4/2012).

 

Yusuf mengatakan, untuk mengatasi backlog perumahan terutama bagi MBR, dapat diatasi dengan rumah inti tumbuh. Rumah Inti Tumbuh merupakan pembangunan rumah yang diawali dengan luas lebih kecil (tipe 21, 22, dan 27). Rencana itu kemudian dilanjutkan dengan pengembangan bertahap mencapai ukuran minimum 36 meter persegi.

Dalam kesempatan tersebut, Yusuf berharap, hasil sidang MK ini dapat memberikan hasil terbaik dalam program penyediaan rumah bagi MBR di Indonesia. Ia mengatakan, apabila peraturan yang tertuang dalam UU No 1 Pasal 22 ayat 3 tentang PKP ini tidak dapat dirubah, setidaknya MK memberi tenggang waktu atau masa transisi. Tujuannya, agar rumah di bawah tipe 36 yang terlanjur dibangun pengembang bisa terjual.

“Apabila tidak bisa diubah, maka pelaksanaannya bisa ditunda minimal lima tahun. Jika dalam kurun waktu tersebut ada peningkatan kesejahteraan masyarakat tentunya pelaksanaan pasal ini bisa dilanjutkan kembali,” ujarnya.

Disadur dari Kompas.com

Sumber : http://rumah2000.com/content/pembatasan-luas-lantai-mempersulit-masyarakat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s